-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tips Mudik Aman, Kendaraan Nyaman

    Redaksi
    Sabtu, 08 April 2023, 15:43 WIB Last Updated 2023-04-08T08:43:26Z

    Ilustrasi Mudik/Istimewa


    ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA – Bulan ramadhan telah memasuki hari ke 17, hal ini semakin mendekati hari raya Idul Fitri, yang tentu tak dapat dipisahkan dengan tradisi masyarakat tanah air untuk mudik ke kampung halaman. 


    Jarak tempuh pemudik tentu beragam, begitu juga dengan pilihan berkendaraan. Banyak masyarakat memilih mudik dengan kendaraan roda empat karena dinilai lebih efisien dan lebih murah.


    Alih-alih memilih mudik dengan menggunakan kendaraan roda empat (mobil), justru menjadi hal yang tak diinginkan, di tengah salah dalam memperhitungkan apa yang mesti dilakukan. Banyak factor penghambat yang tentu saja menjadikan mudik dengan mobil harus membengkak dalam pembiayaannya.


    Para pemudik perlu mengetahui persiapan mudik dengan mobil pribadi yang aman dan hemat. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? berikut ini tips mudik dilansir dari laman Daihatsu:


    1. Persiapkan kondisi fisik agar tetap prima


    Ketika Anda hendak mudik, hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah kondisi fisik Anda. Mengemudikan mobil pribadi perlu kondisi fisik yang prima, agar konsentrasi tidak terganggu. Pastikan Anda beristirahat dengan cukup serta mengonsumsi vitamin dan makanan bergizi sebelum mengendarai mobil. Jika dirasa kurang enak badan, Anda bisa mengundur waktu mudik Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.


    2. Pastikan kondisi mobil juga prima


    Tidak hanya kondisi fisik saja yang harus prima, mobil yang akan Anda kendarai juga harus prima. Sebaiknya Anda melakukan pengecekan dan perawatan mobil secara keseluruhan sebelum mudik di dealer resmi Daihatsu. Hal tersebut agar performa mesin prima, dan mengurangi risiko terjadi kecelakaan.


    3. Bijak dalam membawa barang bawaan dan penumpang


    Persiapan mudik dengan mobil pribadi selanjutnya adalah Anda harus bijak barang bawaan apa saja yang perlu Anda bawa. Selain itu, Anda juga perlu membatasi jumlah penumpang Anda. Pastikan Anda tidak mengangkut penumpang dan barang bawaan Anda melebihi kapasitas maksimal mobil yang sudah ditentukan oleh pabrikan.


    4. Membawa uang tunai


    Meski zaman sekarang serba digital, alangkah baiknya Anda tetap membawa uang tunai. Seperti diketahui, tidak semua tempat memiliki pembayaran secara digital, contohnya ketika parkir umum, pergi ke WC umum, ataupun kuliner di warung.


    5. Menjaga daya baterai dan menyiapkan kuota internet


    Di zaman digital seperti sekarang, Anda bisa menggunakan peta digital untuk memudahkan rute perjalanan. Oleh sebab itu, Anda perlu menjaga daya baterai Anda agar ponsel tidak mati tiba-tiba. Untuk menyiasati kondisi tersebut, Anda bisa menyiapkan power bank sebagai pengisi daya darurat. Selain itu, Anda perlu menyiapkan kuota internet.


    6. Menyiapkan bekal


    Menyiapkan bekal makanan dan minuman saat mudik dapat menghemat biaya pengeluaran. Karena biasanya makanan dan minuman yang dijual di luar memiliki harga yang lebih mahal. Selain itu, menyiapkan bekal dapat mencegah rasa lapar dan dehidrasi ketika menyetir mobil dengan jarak jauh. 


    7. Mempelajari rute


    Sebelum mudik, Anda juga perlu mempelajari rute tujuan perjalanan Anda, Hal ini perlu Anda lakukan, agar perjalanan Anda lancar dan tidak terjebak macet. Atau salah informasi terhadap peraturan ganjil genap.


    8. Menyiapkan anggaran


    Menyiapkan anggaran mudik jauh-jauh hari sangat diperlukan apalagi jika membawa mobil pribadi. Anggaran untuk mudik dengan mobil pribadi terbilang lebih besar, karena Anda perlu mempersiapkan kondisi fisik, mobil, bekal, dan tempat penginapan apabila perjalanannya terlalu jauh.


    9. Memastikan kondisi bahan bakar selalu penuh


    Persiapan mudik dengan mobil pribadi berikutnya yaitu, Anda harus memastikan tangki mobil Anda terisi penuh. Kondisi tersebut mengantisipasi kehabisan bahan bakar ketika melakukan perjalanan yang cukup jauh dan macet.


    10. Menyiapkan tempat penginapan


    Ketika perjalanan mudik Anda terlalu jauh, Anda perlu tempat penginapan untuk beristirahat. Hal ini juga dapat menghindari Anda dari tindak kejahatan pencurian barang seperti di rest area.


    11. Membawa semua perlengkapan anak


    Jika Anda mudik dengan si kecil, Anda perlu membawa semua perlengkapan anak Anda seperti diapers, tissue, botol minuman, makanan, mainan dan sebagainya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini