-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Terbesar di Dunia, Ini Kapasitas PLTS Apung BP Batam

    Redaksi
    Rabu, 28 Februari 2024, 11:45 WIB Last Updated 2024-02-28T04:45:44Z

    Ilustrasi PLTS/dok.pixabay


    ENERGITRANSFORMASI, BATAM - Diklaim sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terapung di dunia, Badan Pengusahaan Batam (BP) melakukan pembangunan PLTS di Waduk Duriangkang, Pulau Batam.


    Kepala Pusat Pengembangan BP Batam Irfan Syakir Widyasa menjelaskan, pihaknya saat ini sedang mengembangkan energi baru terbarukan, khususnya PLTS di dua waduk yaitu Duriangkang dan Tembesi. 


    Khusus proyek PLTS Duriangkang, Irfan menyatakan akan memecahkan rekor karena ditargetkan berkapasitas hingga 2.000 MW. Sementara itu, menurutnya, pembangkit listrik terbesar yang ada di atas air yaitu PLTS di Bendungan Three Gorges, China hanya berkapasitas 200 MW. 


    "Jadi kalau yang di Duriangkang ini jadi, ini akan jadi PLTS terapung terbesar di dunia," jelas Irfan dalam diskusi Sinergi DPR RI dan Wartawan Parlemen dalam Mendukung Batam sebagai Kawasan Ekonomi Khusus di Kota Batam, dikutip Minggu (25/2/2024), dari Bisnis. 


    Dia pun meyakini mata dunia sedang melihat Batam. Lebih jauh Irfan menegaskan, Batam ingin menjadi kota yang ramah lingkungan. Menurutnya, salah satu indikator terpenting wilayah ramah lingkungan yaitu energi primernya berasal bukan dari energi terbarukan seperti tenaga surya. 


    Oleh sebab itu, sambung Irfan, pihaknya membangun PLTS apung di setiap waduk di Batam dengan yang terbesar di Duriangkang. 


    "Kalau kita teriak-teriak ramah lingkungan tapi energinya masih energi fosil, di dunia internasional kalau kita ekspor itu banyak sekali pajak-pajaknya," ujarnya. 


    Lebih lanjut, Irfan menjelaskan total area waduk di Batam yang bisa dibangun PLTS apung seluas 1.763 Ha. Nilai investasinya ditargetkan sebesar Rp29 triliun dalam tiga tahun. 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini