-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Diragukan Berkembang, Startup Bus Listrik India Sulit Dapat Pinjaman

    Redaksi
    Selasa, 20 Desember 2022, 11:06 WIB Last Updated 2022-12-20T04:06:27Z

    Bus listrik India buatan Tata Motors (Tata Motors)

    ENERGITRANSFORMASI, INDIA – Transformasi energy khususnya transformasi kendaraan berbahan bakar minyak ke kendaraan listrik, masih dinilai tidak menjanjikan seperti halnya yang terjadi di India. Para pelaku startup bus listrik yang menyediakan sarana angkuta moda transfportasi umum, diragukan dalam pertumbuhan bisnisnya yang berimbas kepada sulitnya mendapatkan suntikan dana dari perbankan.


    Bank-bank di India enggan memberikan pinjaman modal kepada pelaku usaha startup bus listrik karena dinilai kemampuan perusahaan mengambalikan dana pinjaman diragukan.

     

    Reuters yang mengutip seorang sumber pada Sabtu (17/12) mewartakan bahwa produsen atau startup bus listrik di India kekurangan dana untuk terlibat dalam tender proyek transportasi umum yang mayoritas masih menggunakan bus bermesin diesel. Ia menilai, hambatan pendanaan itu membuat perusahaan bus listrik sulit berkembang di India.

     

    Sumber dari perbankan itu menyebutkan bahwa lembaga keuangan ragu meminjamkan uang karena banyak perusahaan transportasi terjerembap dalam kondisi ekonomi yang buruk, salah satunya disebabkan tarif transportasi yang murah.

     

    Saat ini India memerlukan dana sekira 12 miliar dolar AS untuk mengerahkan 50.000 bus listrik secara bertahap dalam empat hingga lima tahun ke depan.

     

    Kendati demikian, saat ini India telah mengoperasikan 6.740 unit bus listrik yang mendapat insentif dari pemerintah federal.

     

    Mahesh Babu, kepala eksekutif pembuat e-bus Switch Mobility, mengatakan "Sebagian besar kontrak yang terkait dengan STU (state transport undertakings) dipandang bank memiliki risiko tinggi".

     

    "Tidak ada kasus gagal bayar di India meskipun ada penundaan," kata seorang pejabat STU di India utara, tetapi menambahkan bahwa "mekanisme keamanan pembayaran dapat menanamkan kepercayaan di antara pemberi pinjaman," ujarnya dari antara.

     

    Sebagai gambaran, satu unit bus listrik memiliki harga 151.138 dolar AS yang lebih mahal lima kali lipat dari bus diesel. Untuk itu, perusahaan pembiayaan lebih setuju memberikan pinjaman untuk pembelian bus diesel karena harga dan nilai jual kembali.

     

    Juru bicara Tata Motors mengatakan bank bisa saja memberikan pinjaman asalkan ada "mekanisme keamanan finansial" yang diterapkan untuk peminjam dari kalangan produsen bus listrik.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini