-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Menjaga Panel Surya Berfungsi Efisien

    Redaksi
    Selasa, 20 Desember 2022, 10:51 WIB Last Updated 2022-12-20T03:51:02Z

    Tampilan panel surya, (Foto Pixabay)


    ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA – Panel Surya yang terlihat sederhana dan mudah dalam penggunaannya, tidfak serta merta begitu saja dibiarkan beroperasi. Di letakkan di daerah terbuka, seperti di atap, pekarangan ataupun di lapangan terbuka, panel surya juga memerlukan perawatan untuk menjaga kondisi panel surya berfungsi dengan baik dan efisien.


    Mungkin jika terlihat kasat mata, panel surya terlihat bersih atau baik-baik saja. Namun, di tengah kondisi panel yang terlihat cerah, karena berwarana biru, terkadang kita terkecoh yang akhirnya baru diketahui panel yang dipasang performanya berkurang.


    Hal terpenting dalam merawat panel surya adalah menjaganya agar tetap bebas dari ancaman kotoran, debu, atau objek yang menghalangi sinar matahari. Instalasi dan perawatan rooftop solar terbilang cukup mudah. Sistem pembangkit listrik yang terpasang di atap atau di atas tanah tidak membutuhkan perawatan secara khusus.


    Sebelum mulai membersihkan panel surya, perlu dipersiapkan alat pelindung diri seperti safety helmet, safety gloves dan juga sepatu karet sehingga tidak licin saat digunakan. Selain itu, perlu dipersiapkan juga alat yang akan digunakan untuk membersihkan panel surya, seperti selang air dan juga microfiber mop yang halus sehingga tidak menggores permukaan panel surya saat dibersihkan.


    Selain memperhatikan kotoran dan debu pada permukaan panel surya, perlu juga untuk mengecek pada bingkai atau penyangga panel surya, pastikan terpasang secara tepat dan jangan sampai ada celah untuk air bisa masuk ke sistem instalasi, karena air bisa menyebabkan korosi. Setelah semua dirasa baik, baru lah mulai untuk membersihkan panel surya dengan tips dan cara sebagai berikut :


    • Menghilangkan debu atau puing-puing dapat dilakukan dengan menggunakan kain serat mikro fiber dan etanol pada kaca panel fotovoltaik atau dicuci dg menggunakan bahan non deterjen agar tidak merusak lapisan kaca.
    • Lakukan serangkaian tes untuk memverifikasi tegangan masing-masing panel (menganalisis apakah panel memiliki cacat produksi dan hot spot yang dapat menghasilkan pengurangan tegangan).
    • Periksa sambungan listrik untuk memastikan sambungannya baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda oksidasi.
    • Periksa keberadaan debu, kotoran burung atau puing-puing lain yang ada di panel fotovoltaik. Penting ini untuk pembersihan jenis-jenis kotoran ini, karena mereka dapat secara signifikan memengaruhi tingkat pembangkitan energi.
    • Cek juga keberadaan hot spot pada modul
    • Cek jika ada sekrup longgar dengan mengencangkan atau apakah membutuhkan pelumas untuk tracker jika ada
    • Cek segel penutup kotak dan entri kabel;
    • Cek kabel-kabel yang rusak;
    • Matikan dan nyalakan inverter untuk memeriksa apakah bisa restart dengan benar.


    Dengan panel surya yang bersih dan terawat, diharapkan panel surya tetap bekerja maksimal dan memiliki usia pemakaian yang lebih lama.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini