-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tahap Konstruksi, PLTS Cirata Diharapkan Akhir Tahun Beroperasi

    Redaksi
    Sabtu, 08 April 2023, 14:07 WIB Last Updated 2023-04-08T07:07:15Z

    Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata


    ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA – Memasuki tahap konstruksi, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata diharpkan akan beroperasi akhir tahun 2023, walaupun target penyelesaian yakni pada tahun 2022.


    Seperti yang disampaikan Corporate Secretary PLN NP, Zubaidah mengatakan, saat ini PLTS terapung Cirata sedang dalam tahapan konstruksi.


    “Mudah-mudahan akhir tahun ini harapannya ya, atau paling lambat tahun depan awal mungkin bisa beroperasi,” ungkap Zubaidah dalam acara ramah tamah beberapa waktu lalu.


    Seperti diketahui, PLN Nusantara Power (PLN NP) sebagai perusahaan yang mengawal penyelesaian proyek PLTS Terapung Cirata. Yang mana, PLTS terapung Cirata, atau disebut juga Cirata Floating PV, direncanakan memiliki kapasitas 145 MWac. 


    PLTS terapung disebut-sebut bakal menjadi PLTS Terapung terbesar se-Asia Tenggara sekaligus terbesar kedua di dunia saat beroperasi kelak.


    Dalam keterangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dikatakan PLTS Terapung Cirata ditargetkan mampu menghasilkan energi sebesar 245 juta kWh per tahun dan direncanakan memasok listrik untuk 50.000 rumah.


    PLTS Terapung Cirata akan dijalankan oleh PMSE (Pembangkitan Jawa Bali Masdar Solar Energi) yang merupakan Project Company hasil bentukan dari konsorsium cucu usaha PLN, yaitu PJBI dengan perusahaan asal Uni Emirat Arab, Masdar.


    Dalam keterangan resminya pada Januari 2023 lalu, Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Febry Calvin Tetelepta menjelaskan bahwa keterlambatan menyelesaikan PLTS terapung di Waduk Cirata  terjadi lantaran sejumlah hambatan, terlebih dengan adanya situasi pandemi Covid-19.


    “Saat ini proses konstruksinya sudah 45%. KSP akan terus dorong agar PLTS Apung Cirata ini bisa segera selesai dan beroperasi,” ujarnya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KONSTRUKSI

    +