-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kunjungi UMM, Bupati Jember Usung Perwujudan Jember Mandiri Energi dan Pangan

    Redaksi
    Rabu, 11 Januari 2023, 08:26 WIB Last Updated 2023-01-11T01:26:48Z

    Kunjungan Bupati Jember ke Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)/Istimewa


    ENERGITRANSFORMASI, JEMBER – Kunjungi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Bupati Jember Hendy Siswanto mempunyai misi mewujudkan Jember Mandiri Energi serta Pangan, dengan menggandeng sektor pendidikan demi mewujudkan target yang ingin diraih.


    Kunjungan kali ini, sejatinya merupakan kunjungan balasan, yang mana sebelumnya Jajaran Pimpinan UMM telah berkunjung menemui Bupati di Kantornya.

     

    Dalam kesempatan ini, tentunya menjadi momen Bupati untuk menyampaikan upaya penguatan hubungan antar kedua lembaga.

     

    “Tujuannya yaitu mewujudkan Jember Mandiri Energi dan Pangan dengan kolaborasi bersama UMM,” ujar Bupati Hendy Siswanto, dilansir dari laman Jemberkab, (10/1).

    Potensi alam yang dimiliki salah satu wilayah di Jawa Timur ini, menjadi bahan pemaparan Bupati. Berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Jember, mulai dari potensi alam, potensi penduduk, dan lainnya, menjadi nilai lebih untuk memajukan Jember ke depan.

     

    “Kabupaten Jember mempunyai segalanya, perkebunan, sawah, sungai, laut, pegunungan, pokoknya lengkap, satu yang tidak kami punyai yaitu tanah kering, jadi semua tanah kami subur,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

     

    Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, mencatat Jember surplus beras sampai 200 ribu ton pada 2021.

     

    Untuk persoalan pupuk, Bupati Hendy juga menyampaikan bahwa Pemkab Jember dalam waktu dekat ini telah merencanakan pembuatan pabrik pupuk sendiri. Harapannya akan ada kerjasama dengan banyak pihak untuk mendorong minimnya keluhan petani atas kelangkaan atau tidak tersedianya pupuk di Kabupaten Jember.

     

    Beberapa keunggulan Jember di bidang pertanian, diakuinya belum diikuti dengan pengembangan produk turunan sehingga petani masih menjual hasil mentahannya.

     

    “Namun semua itu, belum ada pengembangan produk turunan untuk program keberlanjutannya (sustainable program) menjadi produk turunan guna memberikan nilai tambah. Petani masih menjual tanah, bukan beras. Petani masih menjual buahnya langsung, belum diolah menjadi produk turunannya,” terang Hendy Siswanto.

     

    Ia menegaskan komitmennya untuk memaksimalkan komoditas pertanian yang dimiliki Kabupaten Jember, dimana para petani menggunakan pupuk organik dan hasil pertanian dengan diolah terlebih dahulu menjadi barang yang jadi kemudian dijual.

     

    Sementara untuk sektor energi, Bupati Jember Hendy Siswanto tidak ingin air dan matahari terbuang sia-sia tanpa termanfaatkan maksimal. Sehingga pihaknya berencana akan menerapkan energi baru terbarukan di wilayahnya.

     

    “Energi baru terbarukan akan diwujudkan dengan membuat pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan pembangkit listrik tenaga surya. Tentu saja, hal ini sangat cocok diterapkan di Kabupaten Jember,” pungkas Bupati.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini