-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Tren Minyak Dunia Menurun, Pertamina Kaji Harga BBM

    Redaksi
    Senin, 19 Desember 2022, 18:16 WIB Last Updated 2022-12-19T11:16:37Z

     

    Pompa Bensin Pertamina, yang menjual produk-produk BBM Pertamina. (Istimewa)

    ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA – Harga minyak mentah dunia dalam beberapa waktu terakhir mengalami tren penurunan. Menanggapi hal tersebut, PT Pertamina (Persero) tengah mengkaji atau mereview penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. Hal itu disampaikan Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting.


    Dalam informasi harga minyak mentah dunia yang terupdate, harga minyak mentah sempat menyentuh level terendah tahun ini di 71 dollar AS per barrel pada perdagangan satu pekan lalu. Sementara pada perdagangan Senin 19 Desember 2022, hingga pukul 10.30 WIB, Bloomberg mencatat harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS ada di level 75,25 dollar AS per barrel dan minyak mentah Brent seharga 80 dollar AS.


    Dikutip dari laman Kompas.com, kemungkinan penyesuaian harga BBM selalu ada. Hal ini didasari dari tren dunia yang tentunya berimbas kepada harga BBM di tanah air.


    "Dengan melihat tren yang ada, tetap ada kemungkinan penyesuaian harga BBM," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Senin 19 Desember 2022.


    Namun, Irto menyampaikan, penurunan harga minyak mentah dunia tidak serta merta menjadi yang utama harga BBM Pertamina mengalami penurunan. Banyak factor yang mempengaruhi penurunan harga BBM Pertamina, selain harga minyak mentah.


    Pertamina tidak hanya mempertimbangkan fluktuasi harga minyak mentah dunia. Pertamina juga mengacu pada harga Mean of Plats Singapore (MOPS) dan nilai tukar rupiah. Untuk itu pihaknya belum bisa menjawab, kapan harga BBM turun.


    "Masih kita review. Semua Jenis Bahan Bakar Umum (JBU) kita review secara berkala," imbuhnya.


    Diketahui harga BBM jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex, per 1 Desember lalu mengalami kenaikan. Seperti halnya kenaikan ini diakui hasil dari evaluasi harga secara berkala untuk produk-produk BBM non-subsidi yakni Pertamax Series dan Dex Series.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KONSTRUKSI

    +