-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Pembangunan Infrastruktur Era Jokowi Mudahkan Mobilitas Ekonomi di Daerah

    Redaksi
    Minggu, 25 Desember 2022, 20:27 WIB Last Updated 2022-12-25T13:27:11Z

     

    Presiden Jokowi bersama dengan Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono, saat meninjau Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara/instagram@Jokowi

    ENERGITRANSFORMASI, JAKARTA – Infrastruktur yang tengah digenjot terus menerus oleh pemerintah dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi, khsusunya daerah yang selama ini minim dengan infrastruktur memadai. Dengan dibangunnya infrastruktur yang dibangun, berimbas kepada mobilitas masyarakat yang turut mendorong bisnis yang lebih sehat.

     

    "Saya menilai dengan objektif tentu sangat berpengaruh sekali, indikatornya adalah infrastruktur yang dibangun akan memudahkan pergerakan ekonomi di daerah," kata Direktur Eksekutif Center For Research on Ethics Economy and Demoracy (CREED) Yoseph Billie Dosiwoda dilansir dari sindonews, Sabtu 24 Desember 2022.

     

    Dirinya menegaskan, bagaimana infrastruktur yang dibangun di era pemerintahan Presiden Joko Widodo berimbas positif dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah;.

     

    "Dari sisi infrastruktur jalan tol dan nontol, jalur kereta api, pelabuhan, bandara termasuk waduk yang bermanfaat bagi perairan untuk kegiatan irigasi persawahan di daerah," kata Yoseph.

     

    Karena itu, dia menilai, pembangunan di daerah akan mendorong kegiatan ekonomi daerah bukan saja dari infrastruktur melainkan dana desa dan Dana Alokasi Khusus (DAK).

     

    "Maka perlu juga kerja sama yang sinergi dan dukungan dari pemerintah daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota, dengan niat baik sama-sama membangun ekonomi daerahnya," katanya.

     

    Presiden juga pernah menyampaikan, bagaimana pembangunan infrastruktur di eranya, tidak hanya berpusat di wilayah Pulau Jawa saja. Menjadi bukti, Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibangun, yang sejatinya demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakt.

     

    Jokowi menilai pembangunan infrastruktur di daerah telah memacu pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar, sehingga menjadi titik pertumbuhan ekonomi baru di Indonesia.

     

    "Pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi yang baru, akan ada titik pertumbuhan ekonomi yang baru, saya berikan contoh di Mandalika," ucap Presiden.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini