Microchip Memperluas Portofolio System-on-Modules (SOMs) berbasis MPU

Iklan Semua Halaman

Microchip Memperluas Portofolio System-on-Modules (SOMs) berbasis MPU

Redaksi
Sabtu, 06 Agustus 2022

 

SOM faktor bentuk kecil terbaru Memudahkan Desain dan Pabrikasi serta Mempercepat Waktu untuk Pemasaran

ENERGITRANSFORMASI - Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan pasar embedded, pengembang terus berupaya mengoptimalkan pengembangan produk, atau mungkin harus beralih dari mikrokontroler (MCU) ke mikroprosesor (MPU) untuk menangani peningkatan persyaratan pengolahan data. Untuk membantu pengembang dalam transisi ini dan mengurangi kerumitan desain, Microchip Technology Inc.


(Nasdaq: MCHP) hari ini mengumumkan perluasan portofolio system-on-module (SOM) mikroprosesornya dengan MPU tertanam berbasis SAM9X60D1G-SOM ARM926EJ-S™ hingga 600MHz. Software untuk SAM9X60D1G-SOM tersedia dengan dukungan bare metal atau RTOS melalui MPLAB® Harmony3, atau distribusi utama Linux® lengkap.


SOM, yang berdasarkan Sistem dalam Paket (System in Package – SiP) SAM9X60D1G, adalah modul kecil yang dapat disolder secara manual berukuran 28 mm × 28 mm yang memuat MPU dan DDR dalam satu paket, catu daya, jam dan penyimpanan memori. SAM9X60D1G-SOM adalah SOM pertama Microchip yang dilengkapi dengan SLC NAND Flash 4 Gb untuk memaksimalkan penyimpanan data di dalam memori perangkat aplikasi, sementara DDR on-board mengurangi risiko pasokan dan biaya yang terkait dengan chip memori.


SAM9X60D1G-SOM dengan faktor bentuk kecil juga menyertakan IC manajemen daya (Power Management IC – PMIC) MCP16501, yang menyederhanakan upaya desain daya ke rel tegangan 5V tunggal untuk memungkinkan sistem dengan daya lebih rendah.


Untuk menawarkan fitur yang dapat diperlukan oleh sistem yang terhubung dengan Ethernet, SAM9X60D1G-SOM berisi 10/100 KSZ8081 Ethernet PHY dan 1 Kb Serial EEPROM dengan MAC address yang telah diprogram sebelumnya (EUI-48). Pelanggan dapat menyesuaikan desain mereka berdasarkan tingkat perlindungan keamanan yang diperlukan seperti boot yang aman dengan penyimpanan kunci aman pada chip (OTP), mesin enkripsi hardware (TDES, AES dan SHA) dan True Random Generator (TRNG).


“Dengan SAM9X60D1G-SOM, desainer dapat memanfaatkan kinerja mikroprosesor tingkat menengah dan mengurangi kerumitan desain secara signifikan,” ujar Rod Drake, vice president unit bisnis MPU 32-bit Microchip. “SOM terbaru ini memberi pelanggan solusi faktor kecil langsung dari Microchip dan meringankan beban logistik dengan pengadaan masing-masing dari enam komponen aktif dan banyaknya komponen pasif pada SOM secara terpisah.”


SAM9X60D1G-SOM adalah tambahan terbaru untuk portofolio SOM berbasis MPU yang sudah ada, yang dibuat menggunakan seperangkat komponen Microchip yang telah terbukti untuk mengurangi kompleksitas desain dan biaya PCB secara keseluruhan. Contohnya, karena perangkat kompleks sudah dirutekan pada SOM, pelanggan dapat mendesain produk mereka menggunakan PCB empat lapis dengan biaya lebih rendah.


SOM dan komponennya didukung oleh praktik keusangan yang didorong oleh klien Microchip untuk terus memasok produk selama mungkin dan selama permintaan produk ada. Hal ini sangat penting dalam iklim semikonduktor saat ini dengan permintaan tinggi dan kendala dalam pasokan.


SAM9X60D1G-SOM dirancang untuk banyak aplikasi akhir MPU32 di berbagai industri seperti peralatan medis, telematika otomotif dan sistem informasi hiburan, pengisi daya kendaraan listrik, pengawasan industri dan otomasi, dan banyak lagi. Hal ini juga sangat sesuai untuk produk yang dirancang untuk menyediakan kemampuan komputasi dengan beberapa antarmuka komunikasi yang memenuhi syarat sekali dan kemudian disesuaikan untuk proyek terpisah


Alat Pengembangan

Microchip menyediakan dukungan hardware dan software untuk SAM9X60D1G-SOM yang mencakup SAM9X60D1G Curiosity Evaluation Kit (CPN: EV40E67A) yang menghadirkan tiga distribusi Linux: BuildRoot, Yocto dan OpenWRT. Sistem bare-metal atau berbasis RTOS didukung oleh software tertanam MPLAB® Harmony 3, Lingkungan MPLAB X Integrated Development Environment (IDE) dan kompiler MPLAB XC32.


Harga dan Ketersediaan

SAM9X60D1G-SOM (PN SAM9X60D1G-I/LZB) tersedia dengan harga masing-masing $42.96 dengan jumlah unit 5,000. Untuk membeli produk ini, silakan menghubungi perwakilan penjualan Microchip, distributor resmi di seluruh dunia atau situs web Pembelian dan Layanan Pelanggan Microchip, www.microchipDIRECT.com.