-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Arap Saudi Lirik Bergabung dengan Azerbaijan ke Eropa, Apa yang Di-‘Target’

    Redaksi
    Kamis, 22 Desember 2022, 22:26 WIB Last Updated 2022-12-22T15:26:58Z

     

    Proyek CSP NOORo I 160 MW/acwapower.com

    ENERGITRASNFORMASI, RIYARD – Azerbaijan melakukan kerjasamanya dalam rangka eksport listrik ke Negara di Eropa. Langkah strategis yang dilakukan oleh Negara yang menyandang nama sebagai Negara Api ini, membuat rasa keinginan bagi Negara Monarki Arab Saudi untuk turut bergabung dalam kerjasama eksport listrik ke Eropa tersebut.


    Keinginan Arab Saudi untuk turut bergabung dalam proyek raksasa Azerbaijan untuk Eropa, disampaikan secara terang-terangan oleh Menteri Investasi Saudi Khalid Al-Falih, saat memimpin pertemuan ke-7 Komisi Bersama untuk Kerjasama antara Azerbaijan dan Arab Saudi, yang diadakan di Baku, ibu kota Azerbaijan.


    Seperti diketahui, Arab Saudi memiliki perusahaan raksasa dalam pengembangan energy, yang salah satunya dalam program transisi energy, yakni ACWA Power, yang berfokus pada lingkup usaha utilitas air dan listrik, akan melaksanakan proyek energi 240 megawatt di Azerbaijan.


    “Namun, ini tidak cukup. Kami ingin mengimplementasikan proyek energi yang lebih besar dan bergabung dengan perjanjian yang ditandatangani beberapa hari lalu oleh Azerbaijan tentang ekspor listrik ke Eropa,” ujar Khalid, dilansir dari Saudi Gazette, Selasa 20 Desember 2022.


    Menyandang nama  ACWA Power, yang sebelumnya  bernama International Company for Water and Power Projects, diketahui perusahaan ini sebagai entitas listrik dan air sektor swasta terbesar di Kerajaan. Khalid mengatakan bahwa terdapat peluang yang luas untuk pengembangan hubungan kedua negara.


    “Saya berterima kasih kepada Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev atas dukungannya dalam memperluas hubungan antara Azerbaijan dan Arab Saudi. Ada peluang kerja sama antar negara kita di banyak bidang, terutama di sektor energi,” tegasnya.


    Sebagai informasi, terkait dengan kerjasama yang ditandatangani oleh Azerbaijan dalam rangka perjanjian kemitraan strategis di bidang pengembangan dan transmisi energi hijau, Azerbaijan berhasil menggaet kerjasama dengan tiga negara Eropa di Bucharest pada 17 Desember 2022, lalu.


    Penandatanganan dilakukan oleh para pemimpin Azerbaijan, Georgia, Rumania, dan Hongaria, dengan bidang kerjasama tentang kabel listrik bawah air di bawah Laut Hitam untuk membawa energi hijau Azeri ke Eropa.


    Perjanjian tersebut meliputi proyek kabel listrik sepanjang 1.100 kilometer dengan 1.000 MW di bawah Laut Hitam, dari Azerbaijan ke Rumania, sebagai bagian dari upaya Uni Eropa yang lebih luas untuk mendiversifikasi sumber daya energi dari Rusia di tengah perang Ukraina.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KONSTRUKSI

    +