Berlayar Sejak 9 Februari, Kapal VLCC Pertamina Akhirnya Tiba di Tanah Air

Iklan Semua Halaman

Berlayar Sejak 9 Februari, Kapal VLCC Pertamina Akhirnya Tiba di Tanah Air

Redaksi
Sabtu, 17 April 2021

 

Menteri BUMN Eric Tohir saat meresmikan VLCC yang segera akan beroperasional untuk memasok bahan bakar ke sejumlah daerah di tanah air. 

Jakarta, ETI-ID - Setelah berlayar sejak 9 Februari 2021 dari galangan Japan Marine United (JMU) Ariake Shipyard, Jepang, Kapal Very Large Crude Carrier (VLCC) PERTAMINA PRIDE milik Pertamina International Shipping (PIS) yang merupakan Sub Holding PT Pertamina (Persero) telah tiba di Indonesia dan siap menunjang penyaluran pasokan energi nasional. Tanker raksasa ini dibangun di galangan JMU sejak tahun 2018. 


Kedatangan VLCC di tanah air, tentunya menggembirakan semua pihak, khususnya Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimana Pertamina merupakan salah satu usaha dalam naungan Kementerian BUMN.


Terkait kesiapan penunjang penyaluran, ditandai dengan peresmian oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang hadir langsung di Teluk Semangka Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung pada Kamis, 15 April 202, lalu. 


Didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Utama PIS Erry Widiastono dan Komisaris Utama PIS A. Junaedy Ganie, Menteri BUMN Erick Thohir juga menyempatkan naik ke atas VLCC PERTAMINA PRIDE. 


Menteri BUMN, Erick Thohir menyampaikan apresiasi upaya Pertamina dalam melakukan transformasi dan menghadirkan value creation, sehingga dapat menjadi perusahaan global. 


Menurut Erick, pemerintah mendukung penuh langkah Pertamina Internasional Shipping menjadi integrated Logistic and Marine Solution Company dan global player. 


Menteri Erich Tohir, saat melakukan kunjungan ke sejumlah fasilitas Kapal VLCC Pertamina Pride. 


"Pertamina harus kembali ke masa kejayaannya di tahun 70-an, menjadi global player dan siap bersaing yang didasari oleh Good Corporate Governance,' ucap Menteri Erick, dikutip dari kanal instagram Kementerian BUMN. 


Hadirnya VLCC PERTAMINA PRIDE di perairan Indonesia menunjukkan fokus PT PIS sebagai perusahaan shipping yang terdepan di tingkat nasional dan regional. Mari kita maju bersama dengan kekuatan penuh menyongsong masa depan PIS: Shipping the energy worldwide, energizing the nation with pride.