-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Proyeksi Beban 34,6 GW di Malam Tahun Baru, PLN Yakinkan Pasokan Listrik Mencukupi

    Redaksi
    Selasa, 27 Desember 2022, 17:35 WIB Last Updated 2022-12-27T10:35:54Z

    Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo saat meninjau langsung kesiapan jaringan transmisi dan distribusi yang terinterkoneksi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/12)./PLN/energitransformasi.id


    ENERGITRANSFORMASI, SEMARANG – Sebagai pengelola kebutuhan listrik di tanah air, Perusahaan Listrik Negara (PLN) meyakinkan secara nasional pasokan listrik di malam tahun baru mencukupi.


    Infromasi ini disampaikan oleh Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo saat meninjau langsung kesiapan jaringan transmisi dan distribusi yang terinterkoneksi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Senin (26/12).


    Menurut hitung-hitungan yang disampaikan Darmawan, secara nasional, daya mampu pasok sebesar 44,4 giga watt (GW), dengan proyeksi beban puncak pada malam tahun baru sebesar 34,6 GW.


    “Artinya dari sisi pasokan listrik PLN sangat mencukupi untuk meng- cover seluruh kegiatan masyarakat dengan cadangan operasi sebesar 9,8 GW,” jelas Darmawan, dalam keterangannya.

     

    Selain itu, dalam rinciannya perseroan telah menyiagakan 3.000 Posko dengan kekuatan 78.000 personil dan 6.800 kendaraan operasional lengkap dengan peralatan pendukung yang tersebar di seluruh unit PLN di seluruh Indonesia sepanjang periode Nataru, yakni sejak tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 4 Januari 2023.

     

    “PLN berkomitmen penuh dalam mengawal Nataru, bukan hanya kesiapan kelistrikan, tetapi juga mengawal setiap lokasi penting untuk gerak cepat jika terjadi gangguan-gangguan sekecil apapun,” terang Darmawan.

     

    Perseroan juga memastikan kenyamanan para pengguna mobil listrik dapat terpenuhi pada momen liburan tahun baru. Hingga saat ini, PLN telah menyediakan 570 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di 238 lokasi yang tersebar di seluruh tanah air.

     

    “Untuk di Pulau Jawa, kami juga menyediakan SPKLU di sepanjang Rest Area Tol Jawa. Saat ini, PLN sudah mengoperasikan SPKLU di 9 rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun,” jabar Darmawan.

     

    Adapun titik-titik SPKLU terebut berada di Rest Area KM 519 A (Solo Ngawi), Rest Area KM 519 B (Ngawi Solo), Rest Area KM 389 B (Batang – Semarang), Rest Area KM 379 A (Semarang – Batang), Rest Area KM 626 B (Kertosono, Madiun), Rest Area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), Rest Area 208 B (Palikanci), Rest Area KM 10,6 Tol Jagorawi dan Rest Area KM 6 (Jakarta -Cikampek).

     

    “Masyarakat yang ingin mengetahui lokasi SPKLU bisa melihat di PLN Mobile,” terang Darmawan.

     

    Selain memiliki layanan untuk ekosistem kendaraan listrik, lanjut Darmawan, PLN Mobile juga siap menindaklanjuti aduan terkait gangguan kelistrikan, apalagi akhir tahun kerap disertai dengan cuaca yang ekstrem.

     

    “Tantangan belakangan ini salah satunya cuaca yang ekstrem. Kita sudah siaga untuk antisipasi hujan lebat disertai angin puting beliung atau potensi bencana lain yang berpotensi mengganggu kelistrikan,” tutup Darmawan.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KONSTRUKSI

    +