-->
  • Jelajahi

    Copyright © EnergiTransformasi.Id | Bertransformasi Bangun Negeri
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Kementerian ESDM Komit Mendorong Program KBLBB

    Redaksi
    Senin, 05 Desember 2022, 13:24 WIB Last Updated 2022-12-05T06:24:47Z

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat mengendarai motor listrik di Bandung. (Dok ESDM) 


    ENERGITRANSFORMASI - Kementerian ESDM berkomitmen mendorong Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) ini sebagai bagian dari transisi energi untuk mewujudkan penggunaan energi yang lebih bersih, efisien, mengurangi impor BBM menghemat devisa serta dapat menghemat subsidi BBM.


    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan, akan fokus melakukan pembenahan dari sisi hulu industri. "Di sisi hulunya, industri-industri besar manufakturnya sedang berupaya untuk bisa membuat komponen-komponennya. Secara bersamaan juga kita siapkan infrastruktur-infrastruktur pendukungnya sehingga program ini bisa berjalan dengan baik dan sempurna," ungkap Arifin, dalam kesempatan konvio motor listrik di Bandung, Jawa Barat, Minggu 4 Desember 2022.


    Target kendaraan listrik dalam dokumen Grand Strategi Energi Nasional dan Rancangan Net Zero Emission adalah sekitar 2 juta kendaraan listrik roda empat dan 13 juta kendaraan listrik roda dua pada tahun 2030.


    Untuk mendukung percepatan ekosistem KBLBB, Pemerintah bersama PT PLN (Persero) terus meniningkatkan jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).


    Hingga 17 Hingga 17 November 2022, telah tersedia 439 unit SPKLU di 328 lokasi dan 961 unit SPBKLU di 961 lokasi yang tersebar di wilayah Sumatera sebanyak 45 SPKLU dan 12 SPBKLU, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku sebanyak 35 SPKLU dan 13 SPBKLU, DKI Jakarta terbangun sebanyak 118 SPKLU dan 359 SPBKLU, Banten 25 SPKLU dan 227 SPBKLU, Jawa Barat 50 SPKLU dan 189 SPBKLU, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebanyak 30 SPKLU dan 35 SPBKLU dan terakhir Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara sebanyak 136 SPKLU dan 126 SPBKLU. (SF)


    Kementerian ESDM akan terus menggencarkan sosialisasi penggunaan KBLBB ini sebagai upaya percepatan peralihan menuju energi bersih.


    "Tentu saja ini akan kami sosialisasikan ke seluruh indonesia secara masif, dan secara bersamaan kita siapkan infrastruktur-infrastruktur pendukungnya sehingga memang program ini bisa berjalan sempurna, " tutup Arifin.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    KONSTRUKSI

    +